Pages

Rabu, 30 Juli 2014

Puasa Syawal


"Maukah aku tunjukkan padamu pintu-pintu kebaikan? Puasa adlh perisai...”(HR.Tirmidzi) (Hadits ini hasan shohih).
Hadist Qudsi: “Dan senantiasa hambaKu mendekatkan diri kepadaKu dg amalan2 sunnah sehingga Aku mencintainya.” (HR.Bukhari)
“Barang siapa berpuasa enam hari stelah hari raya Idul Fitri, maka dia sperti berpuasa setahun penuh." (HR.Ibnu Majah dishohihkan Syaikh Al Albanani dalam Irwa’ul Gholil)

Puasa seperti setahun penuh?
Tau hadist ini? "Barangsiapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh lipatnya." (HR. Ibnu Majah ; shahih). Satu kebaikan bagaikan sepuluh kebaikan. Jika 1 bulan penuh kita berpuasa ramadhan maka seperti  10 bulan kita berpuasa. Lebih-lebih jika ditambah 6 hari puasa syawal, maka seperti 60 hari puasa alias seperti 2 bulan berpuasa. Jadi, jika ditambah: 10 bulan + 2 bulan = 12 bulan = 1 tahun. 


Puasa syawal apa menyaur puasa yang kurang dulu ya?
Bismillah wassholatu mu'ala Rasulillah amma ba'du.
Puasa Ramadhan merupakan puasa wajib bagi setiap muslim dan memenuhi puasa adalah kewajiban kita dalam beribadah. Jika kita lihat kembali dalam sabda Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam dari sahabat Abu Ayyub Al Anshori bahwa "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal maka dia berpuasa seperti setahun penuh". Rasulullah mengatakan "barang siapa yang berpuasa Ramadhan", jika dalam puasa Ramadhan kita masih ada kurang berarti puasa ramadhan kita belum penuh. Untuk itu bagi yang masih mempunyai tanggungan  segeralah untuk menunaikan dan memenuhi terlebih dahulu agar puasa Syawal kita mendapat pahala seperti puasa setahun penuh. Mari kita ingat kembali bahwa perkara yang wajib lebih utama dari yang sunah, untuk itu alangkah lebih baiknya jika kita menyegerakan membayar qadha' kemudian berpuasa 6 hari yang keduanya dilakukan di bulan Syawal. Barakallahu fikum~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar